• SMK ICB CINTA TEKNIKA
  • Student Now Leader Tomorrow

Rekayasa Perangkat Lunak

 

Apa itu Jurusan RPL?

Jurusan RPL adalah sebuah jurusan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang berhubungan dengan Teknologi Informasi (IT) dan komputer. RPL sendiri merupakan singkatan dari Rekayasa Perangkat Lunak. Seperti yang kita ketahui, bahwa dalam bidang komputer, itu ada Brainware (Manusia), Hardware (Perangkat Keras), dan software (Perangkat Lunak). RPL adalah jurusan yang fokus mempelajari bagian perangkat lunak, atau software / aplikasi. Sedangkan saudaranya, TKJ (Teknik Jaringan Komputer), memperdalam bagian perangkat kerasnya (hardware).

Apa saja yang termasuk perangkat lunak? Perangkat lunak, dalam Bahasa Inggris disebut dengan software. Dalam beberapa kesempatan, perangkat lunak ini sering diidentikkan dengan aplikasi. Beberapa produk yang termasuk ke dalam software antara lain software bisnis, website perusahaan, toko online, aplikasi mobile, game, dan aplikasi lainnya.

Di jurusan RPL ini teman-teman akan banyak mempelajari cara membuat aplikasi bisnis, baik itu berbasis web maupun mobile. Khusus untuk game, meskipun juga melibatkan pemrograman, tidak dipelajari di jurusan ini. Bagi yang berminat dengan game, teman-teman bisa masuk jurusan RPL di SMK, dan memilih program studi Teknologi Game di jenjang sarjana.

Apa Itu Jurusan RPL ? Lalu Apa Saja Kelebihan Mengambil Jurusan RPL?

Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan RPL?

1. Sistem Komputer

Jurusan RPL berkaitan erat dengan komputer. Oleh karena itu pelajaran terkait komputer pasti ada. Di sini teman-teman akan mempelajari bagaimana sebuah komputer bekerja, perangkat apa saja yang ada di dalamnya, bagaimana proses bekerja di dalamnya, cara kerja sistem operasi, dan bagaimana hubungan dengan software yang diinstalasi.

2. Jaringan Komputer

Saat ini komputer tidak hanya bekerja sendirian. Mereka dapat saling terhubung satu sama lain melalui jaringan komputer. Dengan jaringan komputer ini, dalam skala besar disebut dengan internet. Melalui jaringan, data dapat dikirim antar komputer, saling berbagi file, maupun penggunaan perangkat (seperti printer) secara bersama-sama. Di pelajaran ini, teman-teman akan melakukan praktik instalasi jaringan komputer dan mempelajari cara kerjanya.

3. Algoritma dan Pemrograman

Membuat software atau aplikasi, pasti menggunakan yang namanya pemrograman. Pelajaran ini adalah inti dari jurusan RPL, Algoritma dan Pemrograman. Algoritma adalah urutan langkah dalam melakukan sebuah aktivitas. Sedangkan pemrograman adalah proses membuat script dari algoritma menggunakan bahasa pemrograman. Ada banyak bahasa pemrograman di dunia software. Bahasa pemrograman yang banyak diajarkan di jurusan RPL adalah PHP, Java, dan C/C++.

4. Desain Grafis

Selain pemrograman, membuat software juga membutuhkan kemampuan desain grafis. Desain grafis dibutuhkan untuk membuat logo dan tampilan antarmuka. Atau yang sering disebut dengan User Interface (UI). Tampilan aplikasi yang menarik akan membuat pengguna nyaman berinteraksi dengan aplikasi. Oleh karena itu, di jurusan RPL diajari juga dasar-dasar desain grafis ini.

5. Basis Data

Pada mata pelajaran ini, teman-teman akan diajari bagaimana merancang sebuah database. Database adalah tempat penyimpanan data. Data pengguna yang masuk dari aplikasi, disimpan di dalam database ini. Database perlu dirancang dengan baik agar data tidak redundan (sia-sia), kinerja aplikasi baik, dan mudah dibuat pelaporannya.

6. Perancangan Perangkat Lunak

Selain merancang database, perangkat lunak juga perlu dirancang. Pada mata pelajaran ini, teman-teman akan belajar bagaimana mendefinisikan fungsi aplikasi, pembagian peran pengguna (user role), dan pembagian modul aplikasi. Dengan membagi perangkat lunak ke dalam modul dan fungsi, akan mempermudah pembuatannya dalam sebuah tim pengembang.

7. Membuat Aplikasi Web dan Mobile

Setelah memahami cara kerja komputer, algoritma dan pemrograman, serta mampu merancang database dan perangkat lunak, maka saatnya teman-teman mengerjakan proyek. Proyek pembangunan aplikasi web dan mobile. Pada mata pelajaran ini, teman-teman akan banyak melakukan praktik membuat software. Baik itu software berbasis web maupun mobile.

Prospek Pekerjaan Jurusan RPL

Dikutip dari Pikiran Rakyat, dalam 15 tahun ke depan Indonesia membutuhkan setidaknya 9 juta talenta digital. Angka ini setara dengan 600 ribu talenta digital baru setiap tahun. Dari sisi industri, nilai ekonomi digital tumbuh 11% pada tahun 2020. Data ini membuktikan bahwa peluang pekerjaan jurusan RPL memiliki masa depan yang baik. Ada beberapa profesi yang bisa diisi oleh lulusan jurusan RPL ini, berikut di antaranya:

1. Programmer: Fullstack, Backend, dan Frontend Programmer

Di urutan pertama tentu saja profesi programmer. Perkembangan teknologi yang cepat juga berdampak pada diversifikasi posisi programmer ini. Sekarang ada fullstack programmerbackend programmer, dan frontend programmer. Backend programmer yang membuat script terkait dengan logika aplikasi dan pengelolaan data di sisi server. Frontend programmer membuat script yang terkait dengan interaksi dengan pengguna. Dan yang terakhir fullstack programmer, yang membuat script baik server dan antarmuka aplikasi.

2. Desainer UI / UX – Web dan Mobile

Bagi teman-teman yang lebih menyukai sisi desain dari pembuatan aplikasi, dapat memilih profesi sebagai desainer UI / UX. Bisa untuk aplikasi web dan mobile. Profesi ini lebih fokus pada perancangan tampilan antarmuka aplikasi. Terkadang ada yang menggunakan pemrograman juga, tapi dalam porsi yang tidak banyak.

3. Technical Writer

Technical writer adalah personil di dalam tim pembangunan software yang bertanggung jawab membuat dokumentasi teknis. Dalam pengerjaannya, tidak ada aktivitas pemrograman. Namun, technical writer perlu memahami proses bisnis dan algoritma aplikasinya. Hal ini dikarenakan dokumen yang dibuat masih terkait dengan cara kerja teknis dari sebuah software.

4. Quality Assurace (QA)

Quality Assurance adalah orang yang bertanggung jawab untuk memastikan kualitas sebuah aplikasi. Apakah aplikasi yang dibuat sudah bebas bug dan menghasilkan output yang benar. QA bekerja dengan cara menguji aplikasi dengan berbagai macam kasus penggunaan dan berbagai macam jenis data.

5. IT Support

Posisi ini tidak terkait dengan pemrograman dan pembuatan aplikasi. IT support bertanggung jawab mendukung implementasi IT di perusahaan. Baik itu secara infrastruktur, hardware, maupun software. Apabila ada keluhan dari pengguna, harus siap memberikan support. Apabila butuh bantuan mengoperasikan hardware dan software, juga siap memberikan support.

Halaman Lainnya
Sekolah Melek

Warga Sekolah aktif terhadap informasi lingkungan, politik,sosial, kesehatan,teknologi, dan hukum yang terjadi di indonesia dan Dunia.

27/05/2022 07:36 - Oleh Administrator - Dilihat 103 kali
Teknik Bisnis Sepeda Motor

Teknik dan Bisnis Sepeda Motor adalah kompetensi keahlian pada Bidang Studi Keahlian Teknologi dan Rekayasa Program Studi Keahlian Teknik Otomotif yang menekankan pada keterampilan pel

25/05/2022 09:17 - Oleh Administrator - Dilihat 114 kali
Kegiatan Kesiswaan

Halaman Kegiatan Kesiswaan

25/05/2022 09:16 - Oleh Administrator - Dilihat 113 kali
Teknik Kendaraan Ringan

TEKNIK KENDARAAN RINGAN OTOMOTIF Teknik Kendaraan Ringan adalah kompetensi keahlian bidang teknik otomotif yang menekankan keahlian pada bidang penguasaan jasa perbaikan kendaraan ring

25/05/2022 09:14 - Oleh Administrator - Dilihat 84 kali
Farmasi Klinis & Komunitas

Sekolah ICB CInta Teknika merupakan sekolah menengah kejuruan dengan kompetensi keahlian farmasi untuk menghasilkan calon asisten tenaga kesehatan khususnya dalam bidang kefarmasian Fa

25/05/2022 09:14 - Oleh Administrator - Dilihat 101 kali