• SMK ICB CINTA TEKNIKA
  • Student Now Leader Tomorrow

Farmasi Klinis & Komunitas

Sekolah ICB CInta Teknika merupakan sekolah menengah kejuruan dengan kompetensi keahlian farmasi untuk menghasilkan calon asisten tenaga kesehatan khususnya dalam bidang kefarmasian

Farmasi klinik dan komunitas adalah cabang ilmu farmasi yg mempelajari tentang pelayanan pemberian obat di sarana kesehatan komunitas seperti apotek, klinik dan puskesmas. Kompetensi Keahlian Farmasi Klinik dan Komunitas adalah ilmu yang mempelajari tentang obat-obatan, namun lebih menitikberatkan pada kegiatan pelayanan kefarmasian. Jadi, di sini kamu akan tetap mendapatkan pelajaran farmasi, ditambah dengan pengetahuan tentang pemberian pelayanan kesehaatan berkaaitan dengan obat-obatan. Disini kamu akan memahami lebih dalam tentang Pharmaceutical Care, yaitu etika pelayanan kefarmasian, yang mengatur tentang bagaimana obat-obatan yang telah diproduksi dan diedarkan dapat sampai ke tangan pasien yang tepat, dalam keadaan baik, dan dengan pemberian informasi serta instruksi agar pemakaian obat-obatan tersebut menjadi tepat guna dan memenuhi tujuan pemakaiannya, yaitu kesembuhan atau meringankan penyakit.

Ingin tahu farmasi klinik dan komunitas lebih dalam????

Farmasi bearasal dari kata pharmacy (bahasa inggris) dan  pharmacon (bahasa yunani) yang berarti obat adalah salah satu bidang profesional kesehatan yang merupakan kombinasi dari ilmu kesehatan dan ilmu kimia yang mempunyai tanggung-jawab memastikan efektivitas dan keamanan penggunaan obat.

Ruang lingkup dari praktik farmasi termasuk praktik farmasi tradisional seperti peracikan dan penyediaan sediaan obat, serta pelayanan farmasi modern yang berhubungan dengan layanan terhadap pasien (patient care) di antaranya layanan klinik, evaluasi efikikasi dan keamanan penggunaan obat, dan penyediaan informasi obat.

Mampu melakukan praktek layanan kefarmasian (pelayanan produk dan klinik) sesuai dengan asas dan etika pharmaceutical care yaitu obat sampai ke penderita dalam keadaan baik, efektif dan aman disertai informasi yang memadai agar penggunaannya tepat dan mencapai kesembuhan. Mampu berkontribusi aktif dalam mengevaluasi, menginterpretasi dan memberikan solusi pada uji/ penelitian pra-klinik dan klinik. Mampu mengenal berbagai produk farmasi dan alat kesehatan yang diarahkan kepada tujuan layanan prima untuk pasien dan klien. 

Tujuan Kompetensi Keahlian Farmasi Klinis dan Komunitas

Tujuan, Kompetensi Keahlian Farmasi Klinis dan Komunitas adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten:

1.   Melayani masyarakat dalam hal memenuhi kebutuhan obat – obatan dan alat kesehatan yang aman dan bermutu

2.   Mengatur dan mengatasi distribusi obat – obatan yang berada di masyarakat

3.   Berperan dalam bidang penyelidikan dan pengembangan obat – obatan

4.   Menghasilkan tenaga teknis Asisten kefarmasian yang kompeten dalam bidangnya yang berwawasan budaya dan religius

Berdasarkan UUKesehatan No 36 tahun 2014 tentang tenaga kesehatan lulusan SMK Farmasi dilindungi oleh UU sebagai asisten tenaga kesehatan sehingga dapat bekerja di fasilitas pelayanan kesehatan.

Tenaga Farmasis yang terdiri dari Apoteker, tenaga teknis kefarmasian dan asisten tenaga kefarmasian merupakan profesional dengan keahlian di bidang farmasi. Lulusan SMK ICB Cinta Teknika jurusan Kefarmasian nantinya akan menjadi asisten tenaga kefarmasian yang memiliki sertifikat sesuai kompetensinya.

Tenaga Farmasis biasa bertugas di institusi-institusi baik pemerintahan maupun swasta seperti badan pengawas obat/makanan, rumah sakit, klinik, industri farmasi, industri obat tradisional, perusahaan distribusi farmasi dan di berbagai sarana kesehatan lainnya.

Lulusan Farmasi SMK Bintang Persada diarahkan sebagai:

  1. Pelayanan dan penatalaksanaan kesehatan masyarakat seperti menempati formasi Tenaga Pelaksana Teknis Kefarmasian pada Instalasi Apotek baik di instansi Rumah Sakit swasta dan apotek BUMN (Kimia Farma) maupun apotek swasta nasional (K24, Viva Generik, dll) dan apotek perorangan.
  2. Tenaga Pelaksana Teknis Kefarmasian di perusahaan Industri Kosmetik, Obat Tradisional, Makanan, Minuman, dan Alat Kesehatan.
  3. Tenaga Distribusi/Marketing di Pedagang Besar Farmasi (PBF)
  4. Tenaga Laboran di Lembaga Laboratorium.
  5. Entrepreneurship/Wirausaha dengan membuka toko obat atau Apotek.
  6. Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi (Diploma III, S1 Farmasi) di Perguruan Tinggi Negeri/Swasta.

 

Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
Sekolah Melek

Warga Sekolah aktif terhadap informasi lingkungan, politik,sosial, kesehatan,teknologi, dan hukum yang terjadi di indonesia dan Dunia.

27/05/2022 07:36 - Oleh Administrator - Dilihat 103 kali
Teknik Bisnis Sepeda Motor

Teknik dan Bisnis Sepeda Motor adalah kompetensi keahlian pada Bidang Studi Keahlian Teknologi dan Rekayasa Program Studi Keahlian Teknik Otomotif yang menekankan pada keterampilan pel

25/05/2022 09:17 - Oleh Administrator - Dilihat 114 kali
Kegiatan Kesiswaan

Halaman Kegiatan Kesiswaan

25/05/2022 09:16 - Oleh Administrator - Dilihat 114 kali
Teknik Kendaraan Ringan

TEKNIK KENDARAAN RINGAN OTOMOTIF Teknik Kendaraan Ringan adalah kompetensi keahlian bidang teknik otomotif yang menekankan keahlian pada bidang penguasaan jasa perbaikan kendaraan ring

25/05/2022 09:14 - Oleh Administrator - Dilihat 85 kali
Asisten Keperawatan & Caregiver

Apa yang terlintas di benakmu jika mendengar kata "perawat''? Sosok yang penuh kelembutan, cekatan, atau seorang perempuan? Hmm, banyak yang mengira jurusan Keperawatan hanya bisa dima

25/05/2022 09:13 - Oleh Administrator - Dilihat 97 kali