• SMK ICB CINTA TEKNIKA
  • Student Now Leader Tomorrow

SMK ICB Cinta Teknika Semakin Di Depan Resmikan Kelas Industri Yamaha

SMK ICB Cinta Teknika Kota Bandung semakin di depan dalam hal inovasi dan kerjasama dengan pihak industri.

Paling anyar SMK ICB Cinta Teknika yang dipimpin oleh Sugiyo, S.Sos., M.M., mendirikan Kelas Khusus Yamaha (KKY), di kompetensi keahlian Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM), dengan jumlah dua kelas. Bekerjasama dengan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), yang diresmikan pada hari Kamis, 15 September 2022.

“Alhamdulillah hari ini saya pribadi dan para guru sekolah turut bangga, karena terwujudnya peresmian KKY di SMK ICB Cinta Teknika dan peresmian bengkel Tefa (teaching factory) yang kami miliki,” kata Sugiyo saat jumpa media, di kampus ICB Cinta Teknika, Jalan Atlas Tengah No 2.

Dikatakan Sugiyo pembukaan Kelas Khusus Yamaha juga dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia yang unggul dan kompeten.

SMK ICB Cinta Teknika PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing

Bonur Parlindungan, Ketua Yayasan Insan Cinta Bakti (tengah)

“Insya Allah ke depannya akan semakin bagus, semakin bersinar dan menggunakan kurikulum Yamaha, kita bisa semakin besar,” kata Sugiyo, dengan roman wajah bahagia.

Di samping itu bertujuan untuk membimbing siswa dan siswi SMK agar lebih berkualitas saat lulus siap bekerja, berwirausaha, serta bisa menghasilkan lulusan sumber daya manusia yang kompeten dan berdaya saing.

“Tujuan lainnya adalah menjadikan siswa memiliki kompetensi di bidangnya. Siswa bisa berprestasi di bidang akademik dan memiliki karakter sesuai dengan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI),” kata Sugiyo.

Drs. Edi Purwanto, M.M., Kepala Bidang PSMK Dinas Pendidikan Jawa Barat (kiri)

Diketahui secara resmi SMK ICB Cinta Teknika sudah menggunakan kurikulum yang tersinkronisasi dengan Yamaha. Melalui standarisasi kurikulum Teknik Sepeda Motor sesuai kurikulum Yamaha Technical Academy yang mengikuti perkembangan pada industri sepeda motor terkini dan mengacu pada Standard Kompetensi Kerja Nasional.

“Sehingga goalsnya adalah mampu mengurangi kesenjangan dunia pendidikan dan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI),” kata Sugiyo.

Sugiyo pun mengungkapkan bahwa kerjasama antara SMK ICB Cinta Teknika dengan PT. YIMM sudah dilakukan sejak tahun 2004. Diawali dengan seminar teknologi sepeda motor Yamaha untuk siswa, yang berkelanjutan setiap tahunnya.

Kemudian diikuti dengan berbagai kegiatan guna meningkatkan kompetensi Guru dan Siswa.

SMK ICB Cinta Teknika PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing

Kepala SMK ICB Cinta Teknika Kota Bandung, Sugiyo, S. Sos., M.M

“Lalu di tahun 2022, SMK ICB Cinta Teknika mendapatkan status sebagai Kelas Khusus Yamaha. PT. YIMM memberikan bantuan berupa unit motor, unit mesin dan pembuatan ruang praktik sesuai standar Yamaha Training Center,” tandasnya.

Di kesempatan yang sama Riyadi Prihantono, Manager CS Division & Motor Sport PT. YIMM mengatakan sebanyak 60 persen teknisi biasanya diambil dari lulusan kelas KKY.

“Karena syarat kelulusan dengan standar Yamaha adalah sesuai dengan kurikulum yang diajarkan di KKY,” kata Riyadi.

“Harapan saya, hal ini bisa jadi motivasi untuk siswa disini. Semoga bisa dimanfaatkan sebaik mungkin. Dan ke depannya kita juga mungkin akan menjalin kerjas sama seperti ini lagi,” imbuhnya.

 

SMK ICB Cinta Teknika PT Yamaha Indonesia Motor ManufacturingBengkel Kelas Khusus Yamaha SMK ICB Cinta Teknika Kota Bandung mirip dengan bengkel Yamaha sesungguhnya 

Sementara itu Drs. Edi Purwanto, M.M., Kepala Bidang Pembinaan SMK (PSMK) Dinas Pendidikan Jawa Barat (Jabar), yang hadir langsung menyambut baik kerjasama itu.

Menurutnya SMK di Jawa Barat, jumlahnya cukup banyak, khususnya untuk sekolah swasta.

“70 persen jumlah siswa SMK swasta di Jabar dan 30 persen siswa SMK negeri, jika di persentasekan,” kata Edi.

Edi pun memuji program Kelas Khusus Yamaha, karenadalam bentuk kerjasamanya tidak hanya untuk siswa saja. Namun juga diklatnya, peningkatan kompetensi pada gurunya. Termasuk kesepadanan serta sinkronisasi pada kurikulumnya.

SMK ICB Cinta Teknika

Teaching factory SMK ICB Cinta Teknika 

“Ketika semua ini bisa terjalin dengan baik maka akan memudahkan, juga otomatis menigkatkan SDM nya,” kata Edi.

“Terima kasih SMK ICB Cinta Teknika. Teruslah berkarya untuk kepentingan pendidikan juga peningkatan kompetensi siswa-siswa kita. Terima kasih kepada PT Yamaha Indonesia Motors Manufacturing yang tanpa lelah mendukung kami, berkolaborasi dengan kami dengan mudah tentunya. Masih banyak tugas kita juga dengan teman-teman Yamaha, mari kita terus tingkatkan ibaratkan dari D ke C dari C ke B dan seterusnya.
Mudah-mudahan di Jawa Barat menjadi pelopor untuk kelas-kelas khusus dari Yamaha,” tandas Edi.

Sekedar diketahui, di samping  peresmian KKY, dalam kesempatan itu juga diperkenalkan Bengkel Teaching Factory (TEFA) ICB Automobile Technology, kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO).

Bengkel TEFA tersebut merupakan salah satu Badan Usaha unit sekolah yang melayani service sebagai kendaraan.d Di dalamnya melibatkan teknisi yang berpengalaman, lulusan SMK ICB, siswa magang dan siswa kompetensi keahlian TKRO

https://majalahsora.com/smk-icb-cinta-teknika-semakin-di-depan-resmikan-kelas-industri-yamaha-indonesia-motor-manufacturing/

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Tunggu, Game Bridge In Gain Bertema Metaverse Segera Dirilis

KOMPAS.com -  Metaverse adalah suatu teknologi Augmented Reality (AR) yang memungkinkan individu untuk berinteraksi dengan individu lainnya secara virtual. Metaverse kerap dia

24/03/2021 06:57 - Oleh Administrator - Dilihat 150 kali