• SMK ICB CINTA TEKNIKA
  • Student Now Leader Tomorrow

Pilihan Sekolah Setelah Lulus SMP

Siswa Lulusan SMP, tentu bercita-cita untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu sekolah Lanjutan Tingkat Atas. Bagian sebagian besar siswa atau orang tua tentu masih bingung sekolah lanjutan mana yang akan dipilih. Ada SMA/MA dan SMK.
Mengenal SMA/MA dan SMK
a.       SMA dan MA  di lingkungan Kemendikbud dikenal sebagai SMA dan di lingkungan Kemenag dikenal dengan MA (Madrasah Aliyah) - lebih mengutamakan mempersiapkanan siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Untuk mempersiapkan siswa memasuki pendidikan tinggi, pada sekolah menengah umum (SMA) diselenggarakan program pendidikan khusus yang bertujuan untuk mempersiapkan siswa memasuki perguruan tinggi yang berkaitan dengan ilmu-ilmu pada program tersebut. 

  1. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan salah satu jenis Sekolah Lanjutan yang bertujuan untuk :
  2. Menyiapkan siswa untuk memasuki lapangan kerja serta mengembangkan sikap profesional.
  3. Menyiapkan siswa agar mampu memilih karir.
  4. Menyiapkan tenaga kerja tingkat menengah dan mengisi kebutuhan dunia usaha
  5. Siswa yang belajar di SMK lebih banyak dibekali keterampilan untuk memasuki lapangan kerja.

Perbedaan Pembelajaran SMA/MA dengan SMK

  1. Sistem Pendidikan SMA dan SMK

Perbedaan pertama adalah sistem pendidikan. Di SMA sobat akan lebih banyak belajar secara teori sama seperti ketika sobat masih SMP. Pendidikan SMA cenderung untuk mempersiapkan sobat yang ingin lanjut ke perguruan tinggi. 

Sebaliknya, kalau  Sobat masuk SMK  Sobat akan belajar tidak hanya teori, tapi juga praktik. Mengapa seperti itu? Sebab lulusan SMK diharapkan dapat segera terjun ke dunia kerja. Meskipun demikian, baik itu lulusan SMA atau SMK pasti mendapat peluang yang sama untuk membangun karier impian masing-masing dan masuk ke perguruan tinggi yang diinginkan

 2. Jurusan di SMK Lebih Bervariasi daripada SMA

SMK mempunyai penekanan pada ilmu-ilmu tertentu. Ada Sekolah Menengah Kejuruan yang khusus mempelajari ILMU PARIWISATA(Hotel dan Usaha Perjalanan Wisata), Ilmu Memasak (Jasa Boga) yang khusus mempelajari ilmu yang berkaitan dengan kesejahteraan keluarga, ada yang khusus mempelajari ilmu yang berkaitan kelautan, ada yang khusus mempelajari ilmu yang berkaitan dengan ekonomi/akuntansi, ada yang khusus mempelajari ilmu yang berkaitan dengan komputer dan masih banyak lagi yang semuanya bertujuan untuk mempersiapkan calon tenaga kerja siap pakai sesuai dengan bidang dan keahlian masing-masing yang dibutuhkan dunia usaha dan lain lain.

SMKfarmasi mayoritas pelajaran yang sobat  pelajari berhubungan dengan Kimia dan Biologi. Salah satunya simplisia, yaitu bahan untuk memproduksi obat-obatan. Simplisia berasal dari hewani, nabati, maupun mineral.  Sobat juga belajar seluk beluk administrasi kesehatan. Sehingga, setelah lulus  Sobat sudah siap bekerja sebagai asisten apoteker. Di dunia kesehatan, SMK Keperawatan menjadi incaran para siswa. Hal ini didukung oleh prospek kerja yang terbuka lebar. Menjadi asisten perawat, asisten laboratorium, asisten dental, atau perawat homecare. Gaji perawat homecare sendiri bisa mencapai 5-7 juta rupiah sebulan. Siswa SMK Keperawatan mempelajari jenis penyakit umum, cara berkomunikasi dengan pasien, membaca hasil laboratorium, serta kebutuhan dasar manusia. Dibidang TIK, SMK memiliki jurusan Teknik Komputer Jaringan dan RPL. Rekayasa Perangkat Lunak adalah ilmu yang mempelajari pembuatan dan pemeliharaan perangkat lunak. Kalau masuk jurusan ini, hari-hari kamu nggak bakal lepas dari yang namanya coding, desain, dan algoritma. Nggak perlu khawatir, karena lulusan RPL cepat mendapat kerja. Banyak perusahaan teknologi yang membutuhkan software engineer untuk mengembangkan aplikasi atau website. Selain itu, kamu bisa berkarir sebagai system analyst, programmer, dan developer. Dan masih banyak jurusan lain seperti Analis Kimia, SMK Perikanan, SMK Perkapalan, Sekolah kelautan, SMK bisnis dan manajemen/Akuntasi dll.

Sekarang tergantung tujuan sobat. Jika  Sobat bertujuan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi selepas SLTA, pilihlah SMA atau MA. Tetapi Jika Sobat ingin siap kerja, maka pilihlah SMK. Memilih SMK bukan berarti menutup kemungkinan  Sobat untuk melanjutkan ke perguruan tinggi lho.Sobat Tetap dapat melanjutkan ke perguruan tinggi, hanya saja jurusannya (program studi) dibatasi pada jurusan-jurusan yang berkaitan dengan jurusan SMK yangSobat pilih. Di situlah justru kelebihan SMK dibanding SMA. MisalnyaSobat memilih SMK Farmasi,Sobat bisa melanjutkan ke perguruan tinggi jurusan farmasi, biologi,kimia, atau kedokteran.

1. Masa Pendidikan

Perbedaan antara SMA dan SMK yang terakhir adalah masa pendidikan. Pada awalnya, durasi belajar SMA dan SMK itu sama, yaitu 3 tahun. Namun, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah merubah peraturan ini. Sehingga, sekarang untuk SMA waktu belajarnya selama 3 tahun dan SMK selama 4 tahun. 

Apa alasan Kemendikbud mengubah peraturan lama? Alasannya kembali lagi pada tujuan pendidikan SMK yaitu untuk menghasilkan lulusan siap kerja. Oleh karena itu, pada tahun ke-4 para murid SMK akan menjalani magang di industri yang sesuai dengan kejuruan mereka.

2. Tips memilih SMK

Memilih SMK itu gampang-gampang susah, karena jurusannya sangat banyak, apa lagi sebagaian besar SMK adalah swasta. Berikut adalah Tips memilih SMK:

Pilih kompetensi keahlian atau konsentrasi yang diinginkan. Apakah Pariwisata, Tata Boga, Analis Kimia, RPL, TKJ, Farmasi, Keperawatan, Akuntansi dll. Pertimbangan utama memilih jurusan adalah Minat Sobat dan Peluang Kerja lulusan SMK tersebut. Saat ini jurusan yang peluang kerja-nya masih tinggi.

Cek Gedung dan Fasilitas sekolah. Jika sudah menentukan jurusan, berikutnya adalah Cek Gedung/Fasilitas Lab-nya. SMK mengutamakan keterampilan, sehingga menjadi keharusan memiliki fasilitas lab (ruang praktek) yang memadai. Misalnya jikaSobat memilih SMK Pariwisata atau perhotelan Jangan sampaiSobat memilih sekolah yang tidak memiliki Lab Hotel, karena itu adalah fasilitas st Sobatr yang harus ada. Sama halnya dengan memilih SMA/MA, gedung/fasilitas yang memadai menunjukkan keriusan pengelolaan sekolah.

Cek Proses Pembelajaran.Sekolah yang baik harus memperhatikan pendidikan karakter. Caranya mudah cek saja tindakan sekolah terhadap ketidakhadiran, kerapihan dan penampilan siswa. Sekolah yang baik juga harus memperhatikan kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler berfungsi sebagai wadah penyaluran minat dan bakat siswa. Jika perluSobat bisa cek apakah sering ada jam kosong atau tidak.Sobat bisa menanyakan hal ini kepada alumnus sekolah tersebut. Terlalu banyak jam kosong mengindikasikan guru-gurunya sering tidak hadir/jumlah guru tetapnya kurang. Bisa Sobat bayangkan bagaimana mutu pembelajarannya jika sering kosong!. Jam belajar yang terlalu sering kosong juga meningkatkan kecenderungan siswa melakukan kenakalan-kenakalan.

Selanjutnya Sobat bisa cek AKREDITASI, REPUTASI dan PRESTASI sekolah. Untuk SMK, akreditasi menjadi prioritas utama, karena jurusan-jurusan SMK akan selalu berubah/berkembang sesuai perkembangan kebutuhan dunia kerja,

Check Lulusan atau alumni Berapa banyak lulusan yang langsung bekerja setelah lulus. Berapa yang berhasil melanjutkan di perguruan tinggi.

Salah satu SMK yang bisa dipilih adalah SMK ICB Cinta Teknika, SMK yang beralamat di jl. Atlas tengah no. 2 Ters. Jalan Jakarta kelurahan Babakan Surabaya Kec. Kiaracondong. SMK ini memiliki 6 kompetensi keahlian yaitu Teknik Komputer Jaringan, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Sepeda Motor, Farmasi dan Keperawatan. SMK ini berdiri sejak tahun 1991 telah meluluskan loebih dari 5000 lulusan yang tersebar diberbagai instansi, perusahaan di Indonesia. Pendaftaran bisa dilakukan secara luring atau langsung datang ke kampus atau bisa secara online di bit.ly/cintateknika. Atau di website www.smkicb-teknika.sch.id. Informasi lengkap bisa dilihat di bit.ly/SMKICBCINTATEKNIKA

Selamat memilih Sekolah!! semoga pilihan Sobat tepat sesuai dengan mimpi dan cita cita Sobat.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
PENTINGNYA TENAGA MEKANIK DI DUNIA OTOMOTIF

Teknologi dunia otomotif tidak ada habisnya, termasuk pekerjaan sebagai mekanik tidak akan pernah berkurang. Peran mekanik sangat vital dalam dunia industri otomotif. Bagaimana tid

24/03/2021 06:57 - Oleh Administrator - Dilihat 76 kali